Unsur-unsur Multimedia
Pengertian
Multimedia
Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link
dan
tool
yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting
multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang
dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita. Kedua, harus ada
link
yang
menghubungkan kita dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi
yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling
terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk
mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita
sendiri. Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia
dalam arti luas namanya. Dari definisi diatas, maka multimedia ada
yang online
(internet)
dan multimedia yang offline
(tradisional).
Unsur-unsur
multimedia
1.
Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan
dikendalikan. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk model dan
ukuran huruf atau font, teks adalah kombinasi huruf yang membentuk
satu ayat atau perkataan yang menerangkan atau membincangkan suatu
topik dan topik ini dikenal sebagai informasi berteks. Teks merupakan
yang paling dekat dengan kita dan yang paling banyak kita lihat. Teks
dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang
menyajikan bahasa kita. Kebutuhan teks tergantung pada kegunaan
aplikasi multimedia. Secara umum ada empat macam teks yaitu teks
cetak, teks hasil scan, teks elektronis dan hyperteks.
2.
Grafik, Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau
publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat
mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Menurut Agnew
dan Kellerman
(1996) grafik adalah sebagai garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna
dan sebagainya yang dibina dengan menggunakan program melukis.
Gambar/grafik dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan
cara yang baru dan lebih berguna. Multimedia membatu kita melakukan
hal ini, yakni ketika gambar grafis menjadi objek suatu link. Grafik
sering kali muncul sebagai backdrop (latar belakang) suatu teks untuk
menghadirkan kerangka yang mempermanis teks. Secara umum ada lima
macam gambar atau grafik yaitu gambar vektor (vector image), gambar
bitmap (bitmap image), clip
art,
digitized
picture dan
hyperpicture.
3.
Audio atau Sound dalam komputer multimedia, khusunya pada aplikasi
bidang bisnis dan game sangat bermanfaat. Audio didefinisikan sebagai
sembarang bunyi dalam bentuk digital
seperti suara, musik, narasi dan sebagainya yang boleh didengar.
Komputer multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan
multimedia. Audio atau sound dapat kita tambahkan dalam produksi
multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya
pada grafik, kita dapat membeli koleksi sound disamping juga
menciptakan sendiri. Audio sendiri juga meningkatkan daya tumpuan dan
daya tarikan, dengan tambahan suara yang terproses dan tambahan sound
efek generator
maka suara yang dihasilkan akan ditampilkan dengan begitu mempesona
dan memukau pendengarnya. Beberapa jenis objek bunyi yang biasa
digunakan dalam produksi multimedia yakni format waveform
audio,
compact
disk audio,
MIDI sound
track dan
mp3.
4.Video adalah rekaman gambar hidup atau gambar bergerak yang saling berurutan. Video menyediakan satu kaedah penyaluran informasi yang amat menarik dan live. Video merupakan sumber atau media yang paling dinamik serta efektif dalam menyampaikan suatu informasi. Terdapat dua macam video yaitu video analog dan video digital. Video analog dibentuk dari deretan sinyal elektrik (gelombang analog) yang direkam oleh kamera dan dipancarluaskan melalui gelombang udara. Sedangkan video digital dibentuk dari sederetan sinyal digital yang berbentuk yang menggambarkan titik sebagai rangkaian nilai minimum atau maksimum, nilai minimum berarti 0 dan nilai maksimum berarti. Terdapat tiga komponen utama yang membentuk video digital yaitu frame rate, frame size dan data type. Frame rate menggambarkan berapa kali bingkai gambar muncul setiap detiknya, sementara frame size merupakan ukuran fisik sebenarnya dari setiap bingkai gambar dan data type menentukan seberapa banyak perbedaan warna yang dapat muncul pada saat bersamaan.
Dibawah
ini adalah contoh multimedia video
5. Animasi, menurut Simon 1995: 134, animasi adalah paparan urutan lakaran yang setiap satunya terdapat sedikit perbedaan untuk menghasilkan satu pergerakan secara berterusan. Animasi akan sangat menarik perhatian untuk menghilangkan kejenuhan yang monoton. Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Ada sembilan macam animasi yaitu animasi sel, animasi frame, animasi sprite, animasi lintasan, animasi spline, animasi vector, animasi karakter, animasi computational dan morphing. Animasi tidak memiliki format baku karena animasi dapat berupa teks, dapat berupa suara, dapat berupa gambar dan dapat pula berupa video.
0 Comment:
Posting Komentar